Sabtu, 27 Mei 2017

Komponen Multimedia Grafik

Secara umum, image atau grafik berarti still image seperti foto dan
gambar. Manusia sangat berorientasi pada visual (visual-oriented), dan
gambar merupakan sarana yang sangat baik untuk menyajikan informasi.
Semua objek yang disajikan dalam bentuk grafik adalah bentuk setelah
encoding dan tidak mempunyai hubungan langsung dengan waktu.
Kegunaan grafis dalam aplikasi multimedia :

o Sebagai ilustrasi untuk menjelaskan kosep-konsep
o Chart, untuk ilustrasi dan meringkas data-data numerik
o Warna, bakground dan icon untuk menyediakan keseragaman
dan keberlanjutan dalam aplikasi
o Integrasi dari text, photo, dan grafik untuk mengekspresikan
konsep, informasi atau suasana hati
o Menunjukkan image dan budaya perusahaan
o Simulasi dari lingkungan yang ada
o Menjelaskan proses
o Menjelaskan struktur organisasi
o Ilustrasi dari lokasi

Umumnya gambar disimpan dengan cara dimampatkan agar
menghemat ruang dalam hardisk. Ada dua cara proses pemampatan, yaitu
teknik lossless dan lossy. Teknik lossless adalah suatu teknik yang
menghasilkan gambar rekonstruksi yang sama dengan gambar aslinya.
Teknik lossy adalah suatu teknik memampatkan data sehingga gambar
rekonstruksi hasil pemampatan mempunyai perbedaan dengan gambar
asli, tetapi bagi mata manusia kelihatan sama.
Gambar dibedakan menjadi dua, yaitu bitmap dan vektor. Gambar
bitmap adalah obyek gambar yang dibentuk berdasarkan titik-titik dan
kombinasi warna. Bitmap digunakan untuk fotorealistik dan gambar
kompleks yang membutuhkan detail yang halus. Gambar vektor adalah
obyek gambar yang dibentuk melalui kombinasi titik-titik dan garis dengan
menggunakan metode matematis. Tabel berikut ini menunjukkan kelebihan
dan kekurangan gambar bitmap dan vektor�

Load disqus comments

0 komentar